A.      PENDAHULUAN
Penulisan laporan hasil penelitian tidak terlepas dari keseluruhan tahapan kegiatan dan unsur unsur penelitian. Kemampuan melaporkan hasil penelitian merupakan suatu tuntutan mutlak bagi seorang peneliti. Hal ini menempatkan kedudukan pembahasan ini menjadi suatu yang tidak kurang pentingnya dibandingkan dengan bab-bab lainnya.

Laporan hasil penelitian merupakan langkah terakhir yang sangat menentukan apakah suatu peneltian yang sudah dilakukan baik atau tidak. Dapat dibayangkan bila penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metoda yan gbenar, mengumpulkan data dengan sebaik mungkin, serta mengolah dan menganalisa data yang ada dengan sempurna namun dalam menyajikannya dalam sebuah laporan tidak dilakukan dengan sempurna.

Tampilan laporan sangat perlu untuk diperhatikan. Informasi yang berharga sekalipun bila disajikan dalam penampilan yang kurang menarik pun menjadikan seolah laporan tersebut tidak berguna karena tidak menarik minat untuk dibaca. Ketidakmampuan pembaca dalam membaca laporan menjadikan seolah segala tindakan yang telah dilakukan selama penelitian menjadi tidak tampak.

  B.      PERBEDAAN ANTARA PROPOSAL DAN LAPORAN HASIL PENELITIAN
Propsal merupakan usulan kegiatan yang akan dilakukan, sedangkan laporan hasil penelitian merupakan media bagi peneliti untuk mengkomunikasikan kegiatan penelitian yang telah dilakukan dan hasilnya.

Adapun tiga perbedaan utama dalam proposal dan laporan hasil penelitian adalah
1.       Waktu, proposal penelitian berhubungan dengan kegiatan yang akan dilakukan sedangkan laporan penelitian terkait hasil kegiatan yang telah dilakukan.
2.       Hasil, propsal berhubungan usulan kegiatan yang berusaha meyakinkan pemesan untuk mempercaya proyek penelitiannya. Sedang laporan mengkomunikasikan apa yang telah dilakukan atas masalah, teori, metodologi penelitian, hasil penelitian, serta rekomendasi atas dasar penelitian yang telah dilakukan.

3.       Unsur, beberapa perbedaan unsur diantara keduanya adalah

JUDUL PENELITIAN
JUDUL PENELITIAN
BAB I PENDAHULUAN

A.      Latar belakang
B.      Identifikasi masalah
C.      Pembatasan masalah
D.      Perumusan masalah
E.       Manfaat penelitian
BAB I PENDAHULUAN

A.      Latar belakang
B.      Identifikasi masalah
C.      Pembatasan masalah
D.      Perumusan masalah
E.       Manfaat penelitian
BAB II KERANGKA TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS

A.      Deskripsi teori
B.      Kerangka berfikir
C.      Pengajuan hipotesis
BAB II KERANGKA TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS

A.      Deskripsi teori
B.      Kerangka berfikir
C.      Pengajuan hipotesis
BAB III METODOLOGI PENELITIAN

A.      Tujuan penelitian
B.      Tempat penelitian
C.      Populasi dan sample
D.      Metode penelitian
E.       Teknik pengumpulan data
1.       Pengembangan spesifikasi
a.       Jenis instrumen
b.      Jumlah butir
c.       Aturan skoring
d.      Kriteria uji coba
e.      Peserta uji coba
f.        Waktu uji coba
g.       Definisi konseptual
h.      Definisi operasional
i.         Kisi kisi
2.       Penulisan butir
3.       Uji coba instrumen
4.       Kaliberasi

         Teknik analisa hasil
BAB III METODOLOGI PENELITIAN

A.      Tujuan penelitian
B.      Tempat penelitian
C.      Populasi dan sample
D.      Metode penelitian
E.       Teknik pengumpulan data
1.       Pengembangan spesifikasi
a.       Jenis instrumen
b.      Jumlah butir
c.       Aturan skoring
d.      Kriteria uji coba
e.      Peserta uji coba
f.        Waktu uji coba
g.       Definisi konseptual
h.      Definisi operasional
i.         Kisi kisi
2.       Penulisan butir
3.       Uji coba instrumen
4.       Kaliberasi
          Teknik analisa hasil

BAB IV HASIL PENELITIAN

A.      Deskripsi data
B.      Teknik analisis data
C.      pembahasan

BAB V PENUTUP

A.      kesimpulan
B.      saran

  C.      MANFAAT, FUNGSI DAN JENIS LAPORAN HASIL PENELITIAN
Adapun beberapa manfaat dari pembuatan laporan hasil penelitian adalah
a.       Sebagai keperluan studi akademis. Hal ini sebagaimana disyaratkan bagi mahasiswa baik dalam tingkat S1, S2, maupun S3 sebagai tuntutan akademik.
b.      Pengembangan ilmu pengetahuan, adapun lembaga yang berkutat dalam hal ini seperti LIPI dan lembaga sejenis lainnya. Juga ditingkat daerah serta lembaga penelitian di perguruang tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.
c.       Untuk memenuhi keperluan lembaga masyarakat, lembaga pemerintahan, dan lembaga bisnis tertentu. Terkadang penelitian demikian rawan dengan apa yang disebut dengan penelitian “titipan” dimana hasil yang ingin dicapai terkadang disesuaikan dengan si pemesan penelitian. Hal ini biasanya terjadi di ranah politik maupun untuk keperluan strategi dagang.
d.      Publikasi ilmiah, hal ini lebih terkait dengan publikasi karya dalam bentuk majalah ilmiah atau jurnal ilmiah. Umumnya untuk dilakukan menunjang proses kanaikan jabatan profesional.

Fungsi-fungsi penulisan laporan ilmiah terkait dengan jenis dan bentuk laporan itu sendiri. pertama laporan yang dilakukan oleh mahasiswa S1 pada masa akhir studinya merupakan skripsi, mahasiswa S2 merupakan tesis, dan mahasiswa tingkat studi S3 menyusun desertasi. Kedua : publikasi ilmiah. Karya ini biasanya berbentuk jurnal. Aturan penulisan dalam jurnal ilmiah memiliki tata cara tersendiri dan berbeda dengan karya semacam tesis maupun deserti. Aturan gaya penulisan dalam Jurnal ilmiah leboh longgar bila dibandingkan dengan tesis maupun desertasi. Ketiga : bentuk eksekutif. Bentuk laporan penelitian ini ditujukan kepada para pembuat keputusan atau kebijaksanaan. Dari segi pembaca maupun pemakai hasil penelitian berbeda dengan fungsi diatas. Pemakaian hasil penelitian umumnya digunakan selama kehidupan profesionalnya. Laporan ini minim dengan istilah istilah ilmiah, disampaikan secara ringkas dan padat, dan bersifat argumentati serta persuasif. Keempat : ilmiah populer. Hasil ini ditujukan untuk masyarakat awam. Umumnya dipublikasikan melalui artikel di dalam surat kabar. Disajikan secara sederhana, mudah dipahami, singkat, namun tidak mengesampingkan inti hasil penemuan.


yocta nur rahman



Daftar Pustaka
·         Mantra, Ida Bagoe. 2004. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
·         Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
·         Prasetyo, Bambang. 2006. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo
·         Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar